Weekend Getaway to Lyon


Masih di edisi 'weekend getaway', kalo sebelumnya aku udah nulis tentang Annecy, kali ini aku mau nulis tentang Lyon. Lyon adalah salah satu kota besar di Perancis seperti Paris, tapi bedanya di Lyon banyak terdapat gedung tinggi. Jadi begitu kita sampai di Lyon, norak banget deh karena banyak liat gedung tinggi ga kaya di Tours atau Paris. Beberapa tempat yang kita kunjungi di Lyon adalah Vieux Lyon, Fourvière, dan Parc de la Tête d'Or. 


Kita bermalam di SLO Living Hostel, tidurnya sekamar bareng-bareng gitu, waktu itu kita sekamar sama tiga cewek Korea. Dulu aku sempet mikir, "apaan sih tidur di hostel, ga nyaman," dll. Tapi sejak di sini aku jadi nyaman aja kalo tinggal di hostel, karena biasanya hostel di Eropa bersih, desainnya lucu, resepsionisnya helpful, bisa masak di dapur, dan pastinya...murah :D 




Sorenya setelah check in hostel, kita langsung menuju ke Basiliqie de Fourvière. Fourvière terletak di atas bukit, untuk mencapainya kita harus jalan melalui ratusan anak tangga atau naik cable car. Karena sebelumnya ga tau kalo ada cable car, kita jalan lewat tangga dari Vieux Lyon. Capek parah, aku sampai mau pingsan, sempat mau nyerah juga di tengah jalan. Tapi begitu sampai di atas...jadi hilang capeknya. Kita bisa liat pemandangan kota Lyon, dari jauh kelihatan dua gedung pencakar langit di Lyon: Tour du Crédit Lyonnais yang berbentuk pensil dan Tour Incity di sebelahnya. 



Vieux Lyon atau Old Lyon adalah kawasan kota tuanya Lyon. Sebelum naik tangga ke Fourvière kita melewati kawasan ini dulu. Banyak terdapat restoran yang menghidangkan santapan khas Lyon atau biasa disebut bouchon Lyonnais.


Parc de la Tête d'Or, sala satu taman kota di Lyon. Ini kali pertamaku melihat taman kota yang besar banget, banyak yang bisa dilihat di dalam tamannya: rose garden, mini zoo, hamparan rumput luas, kawasan bermain, dll. Gini aja udah amazed banget, gimana kalo ke Central Park di New York yah ._. Oh iya, kita ke sini karena kata seorang teman ada tulisan ONLY LYON di taman ini, tapi ternyata tulisannya udah pindah. Jadilah kita end up santai-santai duduk di taman, liat burung unta di mini zoo, dan foto-foto di rose garden (sambil terngiang lirik lagu Taylor Swift 'rose garden filled with thrones, I could show you incredible things~' hehehe)





0 comments:

Post a Comment