Pengalaman Tidak Mengenakkan di Czech

Kemarin saya baru saja menggunjungi negara tetangganya Jerman, Ceko. Dari awal sih udah dibilangin sama Tante Nana kalau Ceko ga serapih Jerman, masih ada slum (permukiman kumuh) di sana. Benar ternyata, di benua yang terkenal sudah modern dan industrinya maju ini masih aja ada slum area. Bukan cuma itu, Praha, ibukota Ceko ini juga macet di mana-mana, sudut-sudut kotanya juga sering tercium bau-bau yang... yah begitu lah. Jika dilihat dari segi arsitektur sih, memang bagus. At least kalau dibandingin sama Jakarta, mereka masih punya pedestrian way (jalur pejalan kaki) yang lebaaaar banget dan tentunya applicable, Jakarta kan pedestrian way-nya kalo ga jadi tempat amang-amang kaki lima ya cuma jadi penghias kota yang ga terpakai. Tapi tetap saja kalau saya disuruh tinggal di sana, saya pasti akan bilang: tidak!

Lanjut, mengapa judul postingannya pengalaman tidak mengenakkan? Jadi ceritanya, ketika di toilet yang bayar sekitar 25 cent, saya wudhu, otomatis kan buka kaos kaki. Nah ada ibu-ibu penjaga toilet yang jutek tiba-tiba nyamperin sambil muka yang malesin banget pokoknya. Dia tuh marah-marah pake bahasa Ceko dan saya dengan muka planga-plongo ga ngerti apa-apa gitu. Dia nyebut-nyebut polisi segala lah karena melanggar peraturan. Wastafel kan cuma untuk cuci tangan, kalau wudhu kan sampai kaki, jadi harusnya kita pakai ruangan untuk mandi yang bayarnya lebih mahal. Sampai ngusir-ngusir segala dia, yaa mungkin dia pikir saya ambil kesempatan untuk 'mandi' di tempat yang bukan untuk mandi padahal kan cuma wudhu.

Hahaha benar-benar hospitality warganya kurang banget. Padahal kan itu di stasiun di ibukota, otomatis bayak turis masuk dari situ kan? Bisa-bisa pariwisata Ceko turun gara-gara tuh orang lagi. Jangan sampe yah... Oh iya, postingan ini bukannya untuk menjelek-jelekkan Ceko yah... Murni, cuma pengen berbagi pengalaman aja ;)

2 comments:

  1. Kebiasaan dari SMA: Wudhu di wastafel, soalnya kalau wudhu ke musholla harus turun 2 lantai, dan kalau wudhu di toilet harus nutup idung terus. Hehehe :P

    ReplyDelete
  2. Lu sih wudhu koq di wastafel. Ada ada aja

    ReplyDelete