Ke Luar Negeri Tiap Hari?


Desek-desekan di KRL Jabodetabek, nebeng omprengan dari depan gerbang tol Citeureup, dan lelarian nyegat bis adalah beberapa cerita dari keseharian para komuter. Mungkin jadi komuter yang bolak-balik Jakarta-Bogor bagi orang udah biasa, tapi jadi komuter yang bolak-baliknya bukan ke luar kota lagi tapi ke luar negeri? Saya sempet ngalamin itu, meski cuma tiga hari. Dan tiga hari tersebut cukup untuk nambahin cap di paspor saya.

Lagi-lagi nih yah, karena saya dan Galuh ga mau rugi orangnya, cape dikit asal murah, kita ngga nyari penginapan di Singapur, melainkan di Johor Bahru (JB). Dengan harga yang sama kita udah dapet hotel yang nyamannnn banget di JB, sedangkan kalo di Singapur cuma dapet kamar ala kadarnya. Jadilah selama tiga hari kita bolak-balik nyebrang Malaysia-Singapur. Berasa jadi anak gaul Woodlands Checkpoint dan Bangunan Sultan Iskandar, dua titik imigrasi di situ -_-

Awalnya kami ngira cuma turis yang cross border doang yang lewat situ, tapi ternyata banyak pekerja juga dan… pelajar. Pantes di parkiran bis di Woodlands Checkpoint ada panah nunjukin SBS, Causeway Link, Bas Pekerja, dan Bas Pelajar. Balik lagi ke pelajar komuter. Masih mending kalo yang bolak-balik pelajar SMP atau SMA, ini… seumuran TK dan SD! Sedeket-deketnya JB-Singapur tapi kasian juga ngeliat anak kecil umur lima taun lelarian berebut ngantri cap imigrasi mau berangkat sekolah. Ga kebayang paspornya ganti berapa minggu sekali, cuma berapa hari aja paspor saya udah keisi lebih dari dua halaman, gimana mereka. Atau mereka malah ga pake cap-capan paspor lagi yah?

Keluar dari konteks pelajar komuter. Tips saya sih kalo anda orang yang mau repot atau kurang kerjaan, mending cobain sensasi bolak-balik JB-Singapur. Lebih murah biaya akomodasi dan makan. Anda juga berkesempatan untuk mencicip jajanan di Johor yang murah dan sedapppp…

Promosi dikit boleh? Karena sebelumnya saya dikasih pinjem komputer gratis sama mas-mas yang punya hotel, kan waktu itu lagi jamannya keluar nilai semester 3 jadi harus stay online ngecek nilai. Dia kasih syarat nge-review hotelnya di Agoda, tapi saya tambahin juga deh promosinya di sini… Jadi saya menginap di sebuah hotel yang terletak di Danga Bay, JB. Letaknya strategisss banget di pusat bandar. Kalo mau ke Singapur tinggal naik bis sekali, mau ke Kranji, Orchard, Changi, sampe ke Sentosa juga ada. Kamarnya nyaman banget, pulang cape langsung nyalain AC. Laper tinggal turun ke bawah beli canai sama teh tarik, paginya juga free breakfast. Curious? Let’s google ‘Golden Leaf Hotel Johor Bahru’ and make a reservation! :)

0 comments:

Post a Comment