Another Lazy Day on July...

Bulan Juli itu adalah bulan paling pemalesan. Kenapa? Skrg tuh mulainya libur panjangggg. Oke, gampang aja sih kalo mau nyari kesibukan. Rencananya gue mau fitness di Larasati bareng Ririt tapi nanggung juga yah kalo langganan sebulan, seminggu lagi juga udah puasa. Gagal deh rencana rutinitas pertama, tapi masih ada agenda lain. Yap, bulan depan adalah deadline paper submission buat ACRE 2011, conference kedua gue. Conference yang kedua ini gue jadi paper presenter tapi, dulu kan pas ICWSMSSC 2011 cuma jadi peserta. Seneng sih, tapi....itu berarti liburan gue juga penuh dengan riset dong huhuhu (pengen pake emot nangis yg di bbm tapi ga ada wkwk). Harusnya udah mulai nulis nih gue, tapi belom mood jadi besok aja yah yah yah hahaha.
Oh iya talking about conference, gue ngambil judul papernya "Social Impact of Property Development in Jakarta's Fringe Area". Kurang lebih sih bahasannya tentang akibat sosial dari perkembangan properti di pinggirannya Jakarta khususnya Bogor. Dulu, orang-orang kerja dan tinggal di Jakarta, mereka pada sukses alhasil orang desa berbondong-bondong pindah ke Jakarta. Mungkin mereka pikir dengan pindah ke Jakarta semuanya bakal gampang kali yah? Nah, pokoknya gara-gara urbanisasi itu, Jakarta jadi penuh, tanah jadi mahal, suasana kotanya juga bising. Semakin ke sini orang jadi pada mikir, tinggal di pinggiran kota asik juga kali yah, suasana masih adem, harga tanah juga lebih murah. Sejak itulah, perkembangan properti di pinggiran Jakarta melesat.
Mereka para komuter, berangkat subuh, pulang larut banget. Semua itu demi terhindar dari macet. Kebayang ga sih rutinitas itu tuh ngeganggu kehidupan sosial mereka? Boro-boro ikut paguyuban di lingkungan rumah, sama keluarga aja mungkin dikit kan waktunya? Mungkin di antara kalian banyak yah yang orangtuanya kerja di Jakarta? Coba itung, dalam seminggu, ada berapa jam sih kalian habisin untuk sekedar having quality time bareng orangtua kalian (yang notabene-nya komuter)? Banyak waktu yang hilang, misalnya jam 7 malem harusnya kepala keluarga udah ada di rumah, makan malem bareng keluarga, ini malah masih di sekitar kantor, makan malem di luar.
Hmm kalo kata gue sih, ini tanggung jawab developer sih. Mereka harusnya merhatiin hal-hal kecil kyk gini. Lagian selain ga baik bagi aspek sosial, perumahan di pinggiran kota juga bikin macet dan ngabisin bensin. Kenapa ga tuh developer bikin flat-flat kyk di Singapore, hemat lahan juga kan? Haha okay stop, this is just my unspoken thoughts. Pasti masih banyak salah dan soktau-nya juga, dapet gelar insinyur aja belom. Hanya sedikit sok beranalisa boleh kan? :)

0 comments:

Post a Comment