Wisata Kuliner Malang

Mungkin bagi masyarakat Indonesia, Malang itu identik dengan Arema dan bakso. Padahal, kuliner di Malang ga cuma bakso aja loh. Berikut ini adalah daftar dan review kuliner di Kota Bunga yang kayaknya bisa bikin kangen setiap orang yang pernah tinggal di sini. Bisa jadi referensi kalo lagi jalan-jalan di sini, semoga bermanfaat. Bon appetit!

Serabi Imut (Semut)
Namanya boleh imut, tapi makan satu biji aja udah lumayan bikin kenyang. Tempat ini berkonsep dapur terbuka, jadi sambil nunggu pesanan kita bisa liat serabinya dibikin. Topping-nya juga banyak banget mulai dari coklat-keju doang sampe telor-mayonaise-daging. Harga? Bener-bener terjangkau buat kantong anak sekolah, satu biji serabi harganya berkisar antara 2000-6000 rupiah tergantung dari topping yang kita pilih. Ada lagi menu khas di Semut, es yoghurt. Dengan uang 3000 rupiah kita udah bisa menikmati segelas gede es yoghurt seger.
Semut cuma punya dua kedai, yang satu di persis di depan Pasar Klojen (outdoor) dan satunya lagi dekat dengan stasiun kereta api. Begitu datang, jangan berharap akan menemui tempat nongkrong yang asik dengan arsitektur yang keren, Semut cuma kedai biasa kok, tapi soal rasa....? Bikin pengen balik lagi!

Jagung Bakar Tawangmangu
Ini nih yang jarang gue temuin di kota asal gue, Bogor (apa gue yang kurang gaul yah?). Bukan cuma sekedar jagung dibakar biasa, di sini kita bisa milih bumbu jagungnya sendiri. Bumbunya bertekstur cair dan sumpah enak bangettt jadi pengen ngegadoin bumbunya. Jadi kalo soktau-nya gue sih itu bumbu dibikin dari campuran karamel sama perisa makanan. Ada rasa manis, asin, pedas, dan coklat juga ada. Satu jagung bakar harganya 2000 untuk jagung biasa, kalo mau enak sih pake jagung manis yang harganya 3000.
Selain jagung bakar sebagai porsi utama, di sini juga tersedia pisang bakar dan STMJ. Paling asik malem-malem nongkrong di sini sama temen-temen, makan jagung bakar dan minum jahe. Tempatnya di sini indoor, jadi ga usah takut kedinginan. Letaknya di Jl Tawangmangu, depan Pasar Tawangmangu, lahan parkir juga lumayan nyaman. Jadi tunggu apalagi? Tancap gas!

Illy Cafe @ Lailai

Cafe ini emang sekilas terlihat seperti cafe-cafe pada umumnya. Tapi hal itu berlaku sebelum kita lihat menunya. Yap, menu di sini ngga kayak di menu-menu cafe biasa. Mungkin karena terletak di dalem area Lailai—supermarket yang isinya produk impor—jadi menu di sini bahan-bahannya enak. Misalnya Hot Almond Hershey's yang udah ketebak bahan dasarnya pasti Hershey's Chocolate Syrup. Penyajiannya juga cantik banget: nampan dengan secangkir kopi ber-latte-art yang lucu-lucu dan kue speculaas.
Makanannya sendiri di sini sekedar snack aja sih, bukan makanan berat. Tapi kalo emang lagi laper, pasta panggang atau oriental pancake oke banget untuk ngisi lambung yang bernyanyi-nyanyi. Pasta panggangnya sendiri ada yang bertoping bayam & keju atau tomat & ayam. Oriental pancake yang patut dicoba adalah yang tuna! Jadi adonan pancakenya berisi tuna dan sayur-sayuran, dan ikan cakalang kering plus mayonaise sebagai toppingnya. Nyummmm!!!
Masih terlalu umum makanannya? Coba Nori Chicken Salad. Salad dan ayam di dalam nori berbentuk cone dengan mustard sebagai dressing-nya. Banyak lagi menu lainnya yang worth-it untuk dicoba, makanya daripada penasaran datengin aja cafe di Jl Arjuno No. 36 ini :D


Gado-gado & Es Mocha Alpukat @ Dempo
Sebenernya tempat ini adalah tempat makannya anak-anak Dempo, sekolah swasta di situ. Jadi warung-warung di sini bukanya ya pas jam sekolah. Tapi karena emang enak, cakupan pelanggannya ga cuma dari Dempo aja, tapi juga masyarakat umum. Pengalaman saya makan di sini adalah seorang ayah yang ngebawa anak-anaknya ke sini, terus dia cerita nostalgia pas dulu dia sekolah di sini ke anak-anaknya.
Kalo kita lagi makan, ga jarang anak-anak sekolah dari dalem yang lagi main basket nongol kepalanya, manggil si ibu gado-gado untuk sekedar mesen minum. Letaknya emang nempel di pager sekolah. Kalo recomended drinks-nya tentu Es Mocha Alpukat seperti yang tertera pada judul. Jadi itu es mocha di dalem mangkok yang dikasih serutan alpukat, harus nyoba nih bagi penggemar alpukat!

Griya Eskimo

Ga pengen makan berat atau sekedar pengen ng-eskrim? Eskimo aja. Di sini kita ga cuma nemuin home made ice cream, tapi juga home made pastries. Es krimnya sendiri harganya berkisar antara 8000-10000, untuk pastries harganya macem-macem. Suasananya asri, tertutup, dan banyak hijau-hijauan, jadi pasnya untuk bersantai sekedar ngobrol-ngobrol ringan.
Lokasinya memang sediki sulit dicari, karena Jl. Gresik No. 3 ini ngga dilewatin kendaraan umum. Jadi kalo mau gampangnya ke sini sih tinggal cari toko buku Dian Ilmu di daerah Wilis, di depannya ada jalan, tanya aja yang mana yang Jl. Gresik.



STMJ Ijen SOB

Sebenernya di Bogor juga banyak STMJ, tapi di Malang gue liat STMJ-nya lebih hidup gitu. Isinya anak-anak muda, sekedar nongkrong-nongkrong. Tempat STMJ-nya bervariasi, mulai dari lesehan outdoor sampe yang brertempat duduk di dalem ruangan. Sejak gue kuliah di Malang juga, ga tau kenapa, kalo lagi bete pengen keluar pasti anak-anak ngajakinnya STMJ-an.
Ga tau kenapa tempat ini kayaknya ngetop banget, padahal ya sama aja gitu menunya kayak di tempat STMJ lainnya: STMJ, roti bakar, dll. Mungkin karena besar kali yah dan lokasinya juga strategis banget di Jl. Ijen. Konsep dari tempat STMJ ini adalah outdoor di halaman suatu sekolah, atapnya langsung bintang gitu deh *unyumoment -_-*. SOB sendiri adalah kependekan dari School of Business. Jadi waktu pagi, tempat ini memang sekolah, malamnya berubah fungsi menjadi tempat nge-STMJ alias Susu-Telor-Madu-Jahe. Curious?

Java Dancer




Tempat ngopi paling asik! Java Dancer merupakan kedai kopi asli Malang. Pemiliknya sendiri bertujuan mengembalikan budaya orang Indonesia untuk ngopi, karena ngopi itu adalah budaya asli Indonesia. Ga percaya? Coba liat Dono, Kasino, Indro, mereka nongkrongnya di warkop kan?

Java Dancer juga memakai produk kopi dalam negri, kecuali ada satu jenis kopi sih yang asalnya dari Timur Tengah. Ga jarang kita nemuin bule-bule pada ngopi di sini. Memang, Java Dancer terletak di kawasan tourism Malang, terletak dekat Hotel Tugu. Interiornya berdesain khas Jawa, sedangkan penataan lampunya juga keren, jadi dapet kesan cozy-nya. 

0 comments:

Post a Comment